Efek Samping Kunyit

By | October 31, 2016

Kunyit Menawarkan Beragam Manfaat Kesehatan, Tapi Waspadai Efek Samping Kunyit Berikut Ini yang Terjadi Apabila Cara Penggunaannya Salah


Hampir semua orang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kunyit, salah satu jenis rimpang yang sering dijadikan bumbu masakan terutama di Indonesia. Bukan rahasia lagi, selain sebagai bumbu masakan, kunyit juga terkenal di berbagai negara sebagai salah satu tanaman obat herbal yang memiliki banyak khasiat. Bahkan kunyit sudah banyak diproduksi untuk dijadikan sebagai bahan membuat jamu tradisional atau obat-obatan herbal.

Tapi, Anda perlu mengetahui bahwa meski tanaman ini terkenal akan khasiatnya dalam membantu penyembuhan penyakit, Anda tetap harus hati-hati dalam mengonsumsinya, jangan sampai berlebihan. Karena mengkonsumsi rimpang kunyit secara berlebihan bukannya baik untuk kesehatan, malah dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Bahaya dan Efek Samping Kunyit untuk Kesehatan

Bahaya dan Efek Samping Kunyit untuk Kesehatan

Berikut ini, ada beberapa efek samping kunyit untuk kesehatan tubuh Anda :

1. Gangguan Lambung
Pada artikel kemarin, kita sudah membahas tentang cara menyembuhkan asam lambung dengan kunyit. Namun, Anda perlu waspada, karena apabila cara penggunaannya salah atau konsumsinya terlalu berlebihan, maka justru malah menyakiti lambung. Hal itu lantaran sifat pedas yang dimilikinya, maka mengonsumsi kunyit dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan gangguan lambung.

Memang efek samping kunyit pada lambung tidak akan langsung terasa pada saat itu juga, tetapi efeknya akan mulai timbul dalam jangka waktu beberapa lama. Hal ini dikarenakan, lambung sangat sensitif akan rasa panas ataupun rasa pedas, sehingga jika lambung telah mengalami gangguan dapat berefek buruk bagi kesehatan tubuh kita sendiri.

baca juga: QnC Jelly Gamat untuk Gangguan Lambung

2. Merangsang Rahim
Kunyit dikenal sebagai stimulan rahim yang dapat mendorong aliran menstruasi. Wanita hamil dan ibu menyusui perlu berhati-hati untuk tidak menggunakan kunyit terlalu banyak. Bahkan untuk ibu hamil, sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi berbagai jenis produk atau jamu yang memiliki kandungan kunyit. Karena, jika ibu hamil sering mengkonsumsi jamu atau produk yang mengandung kunyit dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada janin yang ada di dalam rahim kandungannya. Bahaya kunyit pada ibu hamil bisa membuatnya mengalami kontraksi dengan cepat dan kunyit juga dapat menyebabkan keguguran bagi yang sedang hamil muda.

3. Sulit Diserap Tubuh
Kunyit memiliki kecenderungan susah diserap oleh tubuh. Jika hendak membeli suplemen kunyit, pastikan memilih yang mengandung piperin sebagai salah satu bahan aktif. Piperin akan membantu mempermudah penyerapan kunyit sehingga tubuh akan mendapatkan manfaat maksimal.

4. Perdarahan
Kunyit diketahui menghambat penggumpalan trombosit sehingga dapat mencegah penggumpalan darah. Tapi kunyit ternyata juga dapat memicu perdarahan. Penting untuk mengambil dosis yang tepat agar dapat menghindari efek samping ini. Dan jika Anda sedang menggunakan obat antikoagulan, sebaiknya hindarilah konsumsi kunyit dalam bentuk apapun.

5. Menurunkan Efek Kemoterapi
Penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit mungkin memiliki efek terhadap kemoterapi, sehingga sebaiknya jangan menggunakan suplemen kunyit saat sedang menjalani kemoterapi.

Itulah beberapa bahaya dan efek samping kunyit. Sebelum Anda mengkonsumsi tanaman obat ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Efek samping kunyit bagi kesehatan ini sangat perlu Anda ketahui, agar dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Ingat, konsumsi kunyit jangan sampai berlebihan. Gunakan dosis yang tepat, agar usaha penyembuhan yang Anda lakukan benar-benar optimal dan memberi hasil yang baik.

Semoga artikel ini bermanfaat.. Salam sehat 🙂
by Obat Asam Lambung

Efek Samping Kunyit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *