AWAS Langsung Tidur Setelah Makan, Bisa Sebabkan GERD

By | June 9, 2016

AWAS Langsung Tidur Setelah Makan, Bisa Sebabkan GERD,- Alhamdulillah, kita sudah memasuki Bulan Ramadhan hari ke-4, mudah-mudahan di bulan Ramadhan tahun ini, kita semakin dapat meningkatkan amalan ibadah serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tentunya, berharap ibadah puasa tahun ini lancar tanpa hambatan apapun.. Aamiin 🙂

Bicara mengenai bulan Ramadhan banyak sekali kesan di dalamnya, mulai dari pahala yang berlipat ganda, jadwal makan yang berbeda dari hari biasa, juga yang tak terlewatkan ialah masalah kesehatan. Sangat penting, menjaga kesehatan di bulan Ramadhan. Tak jarang, seseorang batal puasa karena tidak kuat serta mengalami gangguan kesehatan. Bukan hanya itu, ngantuk juga jadi bagian dari bulan ini, hehe.. Bagi sebagian orang yang tak terbiasa bangun malam hari untuk sahur, rasa kantuk seringkali menyerang. Banyak, yang katanya sahur sambil merem.. Wow, hati-hati ya sob, takutnya salah masukin makanan. Bukan ke mulut, malah ke hidung. Atau, banyak pula yang langsung tidur selepas makan sahur.. Ini nih yang gak baik untuk kesehatan kita.

AWAS Langsung Tidur Setelah Makan, Bisa Sebabkan GERD

AWAS Langsung Tidur Setelah Makan, Bisa Sebabkan GERD

Banyak yang sudah membahas mengenai hal ini. Serta secara terang-terangan mengatakan, selepas sahur jangan langsung tidur. Apa sih alasannya??

Nah, sekarang konsultan penyakit lambung akan menjelaskannya kepada Anda agar lebih paham mengenai alasan kita tidak boleh langsung tidur setelah makan.

Sebelumnya, sudahkah Anda tahu tentang penyakit GERD? Sepertinya sebagian orang sudah mengetahuinya, tapi bagi yang belum, mari kita bahas sedikit. Gastroesophageal Reflux Disease atau yang lebih dikenal dengan nama GERD merupakan penyakit asam lambung yang timbul akibat pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Penyakit ini menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan (refluks asam), sehingga menyebabkan luka pada dinding dalam kerongkongan.

Berdasarkan keterangan yang kami kutip dari beritasatu.com, dokter spesialis penyakit dalam konsultan lambung dan pencernaan dari RSCM Jakarta, Ari Fahrial Syam mengatakan, penanganan masalah GERD tidak cukup hanya dengan mengkonsumsi obat penekan asam lambung, melainkan juga harus disertai perubahan gaya hidup.

“Prinsip utama mengobati pasien GERD adalah menghilangkan gejala dan mencegah komplikasi asam lambung. Tata laksananya sendiri berupa obat-obatan dan perubahan gaya hidup,” kata Ari Fahrial Syam, Jakarta, Jum’at (15/5).

Anda juga sebaiknya berhati-hati, Langsung Tidur Setelah Makan Bisa Sebabkan GERD. Karena itulah, Dokter Ari mengatakan bahwa anda jangan tidur dalam waktu dua jam setelah makan. Karena langsung tidur setelah makan akan memudahkan isi lambung termasuk asam lambung berbalik arah kembali ke kerongkongan.

Nah, itu dia alasannya kenapa kita disarankan tidak langsung tidur setelah makan. Yang mana, dapat memicu terjadinya GERD. Apalagi, bagi Anda yang memang sudah pernah atau sedang mengalami penyakit maag. Maka sebaiknya anda juga menghindari makanan yang terlalu asam dan pedas, kopi, alkohol, cokelat, keju, atau minuman bersoda yang akan memperburuk timbulnya GERD tersebut.

Satu lagi yang tak kalah pentingnya, stres juga tentu harus anda hindari. Karena stres, ialah faktor yang paling sering menimbulkan masalah pencernaan. Sebaiknya, Anda semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT, apalagi di bulan Ramadhan ini. Perbanyak dzikir, tadarus ataupun ibadah-ibadah lain, yang membuat hati Anda tenang dan pastinya, jauh dari stress 🙂

Semoga artikel ini bermanfaat…
Jangan lupa share.

Simak juga artikel lainnya:

Salam sehat…

AWAS Langsung Tidur Setelah Makan, Bisa Sebabkan GERD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *