Tips Agar Maag Tidak Kambuh Saat Puasa

By | May 19, 2016

Tips Agar Maag Tidak Kambuh Saat Puasa,- Alhamdulillah, hanya tinggal menghitung hari kita akan memasuki bulan Ramadhan yang penuh berkah. Bagi umat muslim seluruh dunia, tentu bulan ini sangat dinantikan, yang mana berbagai amalan ibadah, Alloh SWT janjikan pahala yang berlipat-lipat ganda. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut bulan Ramadhan, termasuk dalam hal menjaga kesehatan.

Terkadang, seseorang tidak melaksanakan puasa lantaran sedang sakit. Salah satu gangguan kesehatan yang erat kaitannya dengan ibadah puasa adalah asam lambung naik alias penyakit maag. Sakit maag kambuh saat berpuasa? Ihh.. Gak banget kan?? Jika sakit lambung sedang kambuh, penderita maag tentu akan mengalami yang namanya sakit perut. Tak jarang, sakit perut tersebut membuat penderita pucat, keluar keringat dan gelisah, lebih parah lagi, jika nyeri lambung naik ke dada, dan nembus ke punggung. Bisa dibayangkan kan, betapa menderitanya. Terlebih ketika kita sedang melaksanakan puasa.

Nah, banyak yang bertanya-tanya gimana sih cara mencegah maag kambuh saat puasa? Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan Tips Mengatasi Maag Saat Puasa yang mudah-mudahan, bisa membantu anda para pengidap maag kronis dan asam lambung tinggi, agar maag tidak kambuh saat puasa serta dapat menjalani ibadah puasa dengan lancar, tanpa hambatan penyakit lambung.

Berikut ini Tips Agar Maag Tidak Kambuh Saat Puasa

Tips Agar Maag Tidak Kambuh Saat PuasaMengakhirkan Waktu Sahur dan Konsumsi Menu Sehat ketika Sahur
Ini nih salah satu yang membuktikan bahwa dibalik sunnah ada kejayaan. Mengakhirkan aktivitas sahur merupakan salah satu sunnah Rasulullah SAW yang ternyata bukan hanya bernilai pahala, namun bermanfaat pula bagi kesehatan, salah satunya mencegah agar maag tidak kambuh saat puasa. Selain itu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi menu sehat saat sahur. Mulailah dengan minum air putih, makanan berat (karbohidrat, protein, vitamin), makanan ringan dan ditutup dengan minum air putih. Makanan yang kaya akan bahan pengawet dan penyedap buatan tentu haruslah anda kurangi, bahkan hindari. Gorengan, susu segar, teh, ataupun kopi sebaiknya tak masuk dalam daftar menu sahur anda, karena jenis makanan dan minuman tersebut, bisa memicu kadar asam lambung naik.

Tidak Langsung Tidur Setelah Sahur
Seperti yang kita ketahui, salah satu pemicu GERD (asam lambung naik) adalah langsung tidur setelah makan. Nah, agar puasa Anda lancar tanpa gangguan asam lambung tinggi, maka sebaiknya Anda tidak langsung tidur setelah makan sahur. Anda bisa ganti aktivitas tidur dengan mempergunakan waktu sebaik-baiknya untuk memperbanyak ibadah. Anda dapat mengisinya dengan membaca Al Quran, mendengarkan ceramah subuh, ataupun ibadah lainnya, yang tentu lebih berharga bukan? Ingat sobat, di bulan Ramadhan, semuanya penuh berkah dan bernilai pahala 🙂 So, jangan sia-siakan waktu kalian..

Hindari Stres, Tidak Boleh Banyak Pikiran dan Atur Emosi
Ketika menjalani puasa sepanjang hari jauhi diri dari emosi yang membuat stress, kondisi tertekan, marah atau bahkan gelisah. Karena kondisi-kondisi semacam itu dapat menyebabkan produksi asam lambung meningkat. Makanya, kalau stres, suka agak mual, ya inilah sebabnya.

Luangkan Waktu Sejenak untuk Tidur Siang
Pada tengah hari sempatkan diri untuk tidur siang sejenak. Hal ini untuk menjaga agar kondisi tubuh tetap prima dan pikiran jauh dari stress. Di bulan Ramadhan, tidur kita pun menjadi ibadah. Jangan lupa, lakukan adab-adab tidur sesuai sunnah Rosululloh SAW ya sobat, agar tidur kita lebih bernilai ibadah.

Perhatikan Menu Berbuka Puasa
Ketika berbuka puasa, hindari makanan dan minuman yang bersantan. Awali dengan air putih dan makanan ringan, lebih bagus dengan kurma (termasuk salah satu sunnah Rosululloh SAW). Setelah itu tinggalkan sebentar dengan menjalankan ibadah sholat maghrib, dan dilanjutkan dengan menu makan yang lebih berat, tapi meski demikian jangan langsung banyak apalagi dengan porsi karbohidrat yang dominan ya.. Anda harus tetap mengontrolnya. Agar maag tak kambuh ketika berbuka puasa.

Penuhi Asupan Cairan Anda
Rentang waktu hingga menjelang tidur, bisa konsumsi air putih dan buah (selain durian, nangka dan cempedak) secukupnya. Jika diperlukan, untuk terapi dan agar terbebas dari bayang-bayang sakit maag bisa konsumsi suplemen makanan atau minuman kesehatan (diutamakan yang alami / herbal) saat menjelang tidur. Lantas diakhiri dengan minum air putih secukupnya.

Nah, bicara tentang makanan kesehatan alami, kami punya rekomendasi terbaik untuk anda, yakni QNC JELLY GAMAT. QnC Jelly Gamat adalah suplemen kesehatan 100% ALAMI yang terbuat dari teripang (gamat emas), dengan bahan pelengkap alami lainnya seperti Sweetener Stevia, Air RO, Pengemulsi nabati, Essen Natural serta Buah dan Sayur. Khasiatnya benar-benar TERBUKTI AMPUH mengatasi sakit maag baik pada anak, orang dewasa maupun ibu hamil dan menyusui. Sangat cocok dijadikan sebagai suplemen kesehatan pencegah sakit maag kambuh saat puasa. Sudah banyak yang membuktikan keampuhannya dan Anda pun tak perlu khawatir, karena QnC Jelly Gamat sudah bersertifikat HALAL dan terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229.

Harganya MURAH, hanya Rp 155.000 / botol (belum termasuk ongkir)

Untuk Pembelian QnC Jelly Gamat, Anda Bisa Kirimkan SMS dengan Menggunakan Format:

QBS : Jumlah Pesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.HP/Tlp
kirim ke 081.2211.88261

Informasi lebih lengkap, baca di >> www.penyakitlambung.web.id

Yuk, sama-sama kita sempurnakan ibadah puasa di tahun ini dengan menjaga kesehatan dan senantiasa berdo’a kepada Allah SWT, agar diberi kemampuan melaksakan ibadah puasa serta memperbanyak amal kebaikan agar Allah SWT meridhoi kita di dunia dan akhirat.

Semangat kawan-kawan !!

Semoga ibadah puasa tahun ini, lancar ya… Aamiin 🙂

Tips Agar Maag Tidak Kambuh Saat Puasa

One thought on “Tips Agar Maag Tidak Kambuh Saat Puasa

  1. Pingback: AWAS Langsung Tidur Setelah Makan, Bisa Sebabkan GERD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *